MODEL BIMBINGAN PENGEMBANGAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP KEGIATAN NON AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.39Abstract
yang efektif untuk mengembangkan kegiatan non akademik mahasiswa. Metode
penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan pendekatan Research and
development. Desain penelitian adalah one grouppretest-posttest design. Sampel
penelitian sebanyak 27 orang mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh model
pengembangan aktualisasi diri yang efektif untuk mengembangkan kegiatan non
akademik mahasiswa dengan nilai sig =0,0001 < 0,05 n 27=0,67 maka Ho ditolak, maka
ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan model pengembangan
aktualisasi diri. Rekomendasi yaitu bagi dosen konselor, bagi dosen pembimbing
akademik dan bagi pihak Unit PelaksanaTeknis (UPT) dapat dijadikan rujukan dalam
memperluas lagi kajian bimbingan untuk mahasiswa-mahasiswa khususnya di UPY dan
pada umumnya di seluruh universitas di Indonesia. Untuk peneliti selanjutnya agar
mempertimbangkan kembali, (1) metode penelitian, (2) populasi dan sampel dan (3)
memperluas lagi kajian penelitian yang dibatasi pada aspek pengetahuan dan sikap saja.
Kata kunci :Model Pengembangan Aktualisai Diri, Kegiatan Non Akademik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.