MODEL BIMBINGAN PENGEMBANGAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP KEGIATAN NON AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Authors

  • Iis Lathifah Nuryanto Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Niken Wahyu Utami Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.39

Abstract

Tujuan akhir penelitian adalah menghasilkan model pengembang anak aktualisasi diri
yang efektif untuk mengembangkan kegiatan non akademik mahasiswa. Metode
penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan pendekatan Research and
development. Desain penelitian adalah one grouppretest-posttest design. Sampel
penelitian sebanyak 27 orang mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh model
pengembangan aktualisasi diri yang efektif untuk mengembangkan kegiatan non
akademik mahasiswa dengan nilai sig =0,0001 < 0,05 n 27=0,67 maka Ho ditolak, maka
ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan model pengembangan
aktualisasi diri. Rekomendasi yaitu bagi dosen konselor, bagi dosen pembimbing
akademik dan bagi pihak Unit PelaksanaTeknis (UPT) dapat dijadikan rujukan dalam
memperluas lagi kajian bimbingan untuk mahasiswa-mahasiswa khususnya di UPY dan
pada umumnya di seluruh universitas di Indonesia. Untuk peneliti selanjutnya agar
mempertimbangkan kembali, (1) metode penelitian, (2) populasi dan sampel dan (3)
memperluas lagi kajian penelitian yang dibatasi pada aspek pengetahuan dan sikap saja.
Kata kunci :Model Pengembangan Aktualisai Diri, Kegiatan Non Akademik

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Lathifah Nuryanto, I., & Utami, N. W. (2019). MODEL BIMBINGAN PENGEMBANGAN AKTUALISASI DIRI TERHADAP KEGIATAN NON AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.39

Citation Check