ANALISIS DESKRIPTIF KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4372Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP N 14 Semarang? Dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP N 14 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 14 Semarang yang berjumlah 224 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 141 siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket komunikasi interpersonal siswa yang terdiri dari 24 pernyataan tertutup dengan 4 alternatif jawaban. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, metode ini digunakan untuk memaparkan angka-angka hasil pengolahan isntrumen data yang kemudian dapat di ketahui keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat 38 dari 141 siswa yang mendapatkan kategori sangat rendah (27%), 46 dari 141 siswa yang mendapatkan kategori rendah (33%), 47 dari 141 siswa mendapatkan kategori tinggi (33%), dan 10 siswa dari 141 siswa mendapatkan kategori sangat tinggi (7%). Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilam komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP N 14 Semarang adalah rendah. Saran bagi guru sebagai bahan masukan untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kemudian, alangkah baiknya guru BK dan guru mata pelajaran juga memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa agar dapat mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonalnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.