KENDALA-KENDALA PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DARING DENGAN MENGGUNAKAN GROUP WHATSAPP PADA SISWA KELAS XI SMK N 3 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4383Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala pelaksanaan konseling kelompok daring dengan menggunakan group WhatsApp pada siswa Kelas XI SMK N 3 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMK N 3 Semarang sebanyak 6 orang dan 3 guru BK SMK N 3 Semarang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif Miles and Huberman. Berdasarkan hasil analisis data kendala-kendala dalam pelaksanaan konseling kelompok daring dengan menggunakan group WhatsApp pada siswa Kelas XI SMK N 3 Semarang berdasarkan frekuensi dari yang terbanyak sampai dengan yang paling sedikit secara berturut-turut adalah keterbatasan waktu pemberian layanan (30), kontak psikologis (25), jaringan internet (21) dan metode layanan (12). Kesimpulan dari penelitian yaitu kendala-kendala dalam pelaksanaan konseling kelompok daring dengan menggunakan group WhatsApp pada siswa Kelas XI SMK N 3 Semarang diantaranya kendala keterbatasan waktu pemberian layanan, kendala kontak psikologis, kendala jaringan internet dan kendala keterbatasan metode layanan. Saran penelitian adalah siswa dapat lebih terbuka dan Guru BK dapat menggunakan metode dan teknik konseling yang bervariasi. Penelitian selanjutnya diharapkan tidak hanya dilakukan pada siswa Kelas XI SMK N 3 Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.