HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA MILENIAL DENGAN RESILIENSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 SEMARANG

Authors

  • Muhamad Andiyaman Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Chr. Argo Widiharto Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4384

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya karakteristik kurang resilien yang ditandai dengan adanya siswa merasa pesimis terhadap tuntutan sekolah, respon ketidaksiapan siswa ketika menerima ulangan dadakan dan adanya siswa yang masih tidak percaya diri dan merasa malu ketika ditunjuk di depan kelas. Hal ini diperkuat dengan hasil AKPD yang menunjukan bidang pribadi mencapai 41,90%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap hubungan pola asuh orang tua generasi milenial dengan resiliensi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 85 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala pskilogis. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh otoriter, permisif dan uninvolved tidak memiliki pengaruh terhadap resiliensi, namun demikian, pola asuh demokratis menunjukan adanya pengaruh terhadap resiliensi. Adapun pola asuh secara simultan terhadap resiliensi menunjukan adanya pengaruh terhadap resiliensi.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Muhamad Andiyaman, Dini Rakhmawati, & Chr. Argo Widiharto. (2022). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA MILENIAL DENGAN RESILIENSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 SEMARANG. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(01), 130–136. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4384

Citation Check