EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS X DKV SMK NEGERI 2 SEWON
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4403Abstract
Penelitian bertujuan mendeskripsikan temuan empiris tentang efektifitas konseling kelompok dengan teknik Positive Reinforcement untuk meningkatkan percaya diri peserta didik kelas X DKV SMK Negeri 2 Sewon. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen jenis one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian berjumlah 6 peserta didik sebagai sampel purposif dari peserta didik kelas X DKV SMK Negeri 2 Sewon yang teridentifikasi memiliki percaya diri yang rendah. Pengumpulan data menggunakan skala yang dikembangkan berdasarkan indikator percaya diri. Analisis data menggunakan metode statistik dengan teknik uji-t. Hasil penelitian menemukan bukti empiris layanan konseling kelompok dengan teknik positive reinforcement dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X DKV SMK Negeri 2 Sewon. Temuan ini berdasarkan hasil uji-t sehingga ditemukan t = -18,602 dengan sig 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rerata pretest dengan skor rerata posttest tentang percaya diri peserta didik. Perbedaan tersebut menunjukkan adanya selisih skor rerata pretest dengan posttest sebesar 54.500 lebih tinggi pada skor rerata posttest, yang berarti layanan konseling kelompok dengan teknik positive reinforcement berpengaruh positif terhadap peningkatan percaya diri peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.