EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS X DKV SMK NEGERI 2 SEWON

Authors

  • Oktaviani Linggar Sari universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Makin universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4403

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan temuan empiris tentang efektifitas konseling kelompok dengan teknik Positive Reinforcement untuk meningkatkan percaya diri peserta didik kelas X DKV SMK Negeri 2 Sewon. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen jenis one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian berjumlah 6 peserta didik sebagai sampel purposif dari peserta didik kelas X DKV SMK Negeri 2 Sewon yang teridentifikasi memiliki percaya diri yang rendah. Pengumpulan data menggunakan skala yang dikembangkan berdasarkan indikator percaya diri. Analisis data menggunakan metode statistik dengan teknik uji-t. Hasil penelitian menemukan bukti empiris layanan konseling kelompok dengan teknik  positive reinforcement dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X DKV SMK Negeri 2 Sewon. Temuan ini berdasarkan hasil uji-t sehingga ditemukan t = -18,602 dengan sig 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rerata pretest dengan skor rerata posttest tentang percaya diri peserta didik. Perbedaan tersebut menunjukkan adanya selisih skor rerata pretest dengan posttest sebesar 54.500 lebih tinggi pada skor rerata posttest, yang berarti layanan konseling kelompok dengan teknik  positive reinforcement berpengaruh positif terhadap peningkatan percaya diri peserta didik.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Oktaviani Linggar Sari, & Makin. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS X DKV SMK NEGERI 2 SEWON . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(01), 150–157. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4403

Citation Check