PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SANTRI TINGKAT MA (MADRASAH ALIYAH) DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN

Authors

  • Susan Sa’adah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemandirian santri tingkat Madrasah Aliyah (MA) di Pondok Pesantren Islam Al Iman Muntilan, 2) Pendidikan Pesantren Islam Al Iman Muntilan dalam menumbuhkan kemandirian santri tingkat Madrasah Aliyah (MA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemandirian santri tingkat Madrasah Aliyah (MA) lebih banyak didapat melalui pendidikan pondok pesantren nonformal, dalam arti pendidikan nonformal yang didalamnya melingkupi kehidupan keseharian santri berasrama, 2) Pendidikan Pesantren Islam Al Iman Muntilan dalam menumbuhkan kemandirian santri tingkat Madrasah Aliyah (MA) yaitu menerapkan, memperhatikan dan menghargai kebebasan para santri namun kebebasan itu tidak mutlak dan bimbingan serta pengarahan yang penuh pengertian antara semua pihak, baik kyai, ustadz/pengasuhan dan santri. Keinginan dan pendapat santri diperhatikan dan jika sesuai dengan norma kyai atau sesuai dengan aturan pondok pesantren maka akan disetujui namun jika tidak kyai akan melarangnya.
Kata Kunci : kemandirian, pesantren, santri Madrasah Aliyah

Downloads

Published

2020-01-06

How to Cite

Sa’adah, S. (2020). PENDIDIKAN PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SANTRI TINGKAT MA (MADRASAH ALIYAH) DI PESANTREN ISLAM AL IMAN MUNTILAN. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.449

Citation Check