SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SMK MUHAMMADIYAH DAERAH KULON PROGO TERHADAP GURU AL-ISLAM

Authors

  • Raden Wisnu Murti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis seberapa dalam pengetahuan kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo dalam mengambil peran supervisi akademik terhadap guru Al-Islam (2) mengetahui bagaimana implementasi dan hasil pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo terhadap guru Al-Islam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Mixed Method. Subjek penelitian menggunakan siswa di SMK Muhammadiyah Kulon Progo yang serumpun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, questioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis domain yang dilakukan terhadap data yang diperoleh dari pengamatan, wawancara dengan menggunakan model sequential exploratory. Kesimpulan penelitian: (1) Kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo memiliki pengetahuan supervisi akademik secara baik dibuktikan dengan dibuatnya program supervisi kepala sekolah yang di dalamnya memuat unsur supervisi akademik. (2) Implementasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo terhadap guru Al-Islam menggunakan teknik individu berupa kunjungan kelas yang diawali membuat program supervisi pembelajaran.
Kata Kunci : supervisi akademik, kepala smk muhammadiyah, guru Al-Islam

Downloads

Published

2020-01-06

How to Cite

Wisnu Murti, R. (2020). SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SMK MUHAMMADIYAH DAERAH KULON PROGO TERHADAP GURU AL-ISLAM. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.450

Citation Check