SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SMK MUHAMMADIYAH DAERAH KULON PROGO TERHADAP GURU AL-ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.450Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis seberapa dalam pengetahuan kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo dalam mengambil peran supervisi akademik terhadap guru Al-Islam (2) mengetahui bagaimana implementasi dan hasil pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo terhadap guru Al-Islam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Mixed Method. Subjek penelitian menggunakan siswa di SMK Muhammadiyah Kulon Progo yang serumpun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, questioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis domain yang dilakukan terhadap data yang diperoleh dari pengamatan, wawancara dengan menggunakan model sequential exploratory. Kesimpulan penelitian: (1) Kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo memiliki pengetahuan supervisi akademik secara baik dibuktikan dengan dibuatnya program supervisi kepala sekolah yang di dalamnya memuat unsur supervisi akademik. (2) Implementasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala SMK Muhammadiyah Daerah Kulon Progo terhadap guru Al-Islam menggunakan teknik individu berupa kunjungan kelas yang diawali membuat program supervisi pembelajaran.
Kata Kunci : supervisi akademik, kepala smk muhammadiyah, guru Al-Islam
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.