KEEFEKTIFAN PENDIDIKAN BERASRAMA DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI

Authors

  • Rohmanto - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.451

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) akhlak anak sebelum masuk Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an; (2) Sistem Pendidikan Berasrama dalam membentuk akhlak santri selama satu tahun di Pondok Pesantren Taruna Al Qur’an (3) Efektifkah pendidikan berasrama dalam membentuk akhlak santri setelah satu tahun di Pondok Pesantren Taruna Al Qur’an. Jenis penelitian yang penulis gunakan disini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui 3 yaitu; (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Penelitian ini menemukan hasil ; (1) Kondisi akhlak santri sebelum masuk Pondok Pesantren Taruna Al Qur’an adalah belum terbiasa berakhlak sesuai ajaran agamanya. (2) Sistem Pendidikan berasrama di Pondok Pesantren Taruna Al Quran dalam membentuk akhlak santri menggunakan tiga jalur yaitu; (a) pembelajaran teori dan konsep di kelas, (b) peraturan-peraturan dan hukuman serta (c) penghargaan sudah cukup efektif. Untuk jalur pembelajaran teori perlu ditata dan dibuatkan kurikulum yang lebih baik lagi. (3) Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan berasrama di Pondok Pesantren Taruna Al Qur’an dinilai positif.
Kata Kunci: pendidikan berasrama, pondok pesantren, akhlak

Downloads

Published

2020-01-06

How to Cite

-, R. (2020). KEEFEKTIFAN PENDIDIKAN BERASRAMA DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.451

Citation Check