KEEFEKTIFAN PENDIDIKAN BERASRAMA DI PONDOK PESANTREN TARUNA AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.451Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) akhlak anak sebelum masuk Pondok Pesantren Taruna Al-Qur’an; (2) Sistem Pendidikan Berasrama dalam membentuk akhlak santri selama satu tahun di Pondok Pesantren Taruna Al Qur’an (3) Efektifkah pendidikan berasrama dalam membentuk akhlak santri setelah satu tahun di Pondok Pesantren Taruna Al Qur’an. Jenis penelitian yang penulis gunakan disini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui 3 yaitu; (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Penelitian ini menemukan hasil ; (1) Kondisi akhlak santri sebelum masuk Pondok Pesantren Taruna Al Qur’an adalah belum terbiasa berakhlak sesuai ajaran agamanya. (2) Sistem Pendidikan berasrama di Pondok Pesantren Taruna Al Quran dalam membentuk akhlak santri menggunakan tiga jalur yaitu; (a) pembelajaran teori dan konsep di kelas, (b) peraturan-peraturan dan hukuman serta (c) penghargaan sudah cukup efektif. Untuk jalur pembelajaran teori perlu ditata dan dibuatkan kurikulum yang lebih baik lagi. (3) Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan berasrama di Pondok Pesantren Taruna Al Qur’an dinilai positif.
Kata Kunci: pendidikan berasrama, pondok pesantren, akhlak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.