INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM, BAGI ANAK AUTIS DI SLA FREDOFIOS, YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.454Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis apakah ada perbedaannya dengan membelajarkan pendidikan agama Islam pada anak normal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber informasi dari penelitian ini adalah kepada kepala sekolah, guru bidang studi pendidikan agama Islam, administrasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara melakukan observasi dan wawancara dan pengkajian dokumen. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Spradley. Temuan dalam penelitian ada 4 yaitu:1) Internalisai nila-nilai Agama Islam, ditanamkan melalui proses pembelajaran pendidikan agama Islam dengan metode keteladanan (pembiasaan). 2) Metode yang biasa digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SLA Fredofios, metode demonstrasi dan metode pembelajaran perilaku. 3) media/instrumen yang digunakan semua aktivitas yang ada hubunganya dengan pembelajaran PAI namun lebih banyak menggunakan media visual. 4) Kendala yang dihadapi adalah karna gangguan autis yang berbeda-beda pada anak sehingga guru harus tahu betul tentang kondisi setiap siswa, dan kurangnya partisipasi dari orang tua.
Kata kunci: internalisasi nilai-nilai, anak autis, SLA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.