MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA ASLI PAPUA TERHADAP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.460Abstract
Pendidikan memilki peran yang sangat penting untuk memenuhi sumber daya manusia yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan Indonesia. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sistem pendidikan di Indonesia telah dilakukan dari Sabang hingga Merauke Papua. Namun hingga saat ini masih menjadi tantangan dalam pemerataaan pendidikan yang ada di Indonesia. Belum adanya semangat pendidikan yang membebaskan, tidak berkembangnya kultur pendidikan yang sehat, dan belum terbentuknya masyarakat yang melek pendidikan. Kondisi politik yang tidak aman, ekonomi yang lemah, dan sekolah yang tidak memadai secara signifikan mempengaruhi pendidikan siswa Papua. Hal ini berpengaruh pada motivasi belajar dan menjadi salah satu penyebab rendahnya karakter pada masyarakat. Sehingga motivasi belajar pada siswa asli Papua memiliki pengaruh dalam implementasi pendidikan karakter.
Kata kunci: motivasi belajar, siswa asli Papua, pendidikan karakter
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.