MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA ASLI PAPUA TERHADAP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

  • Anna Maria Anjaryani Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Triana Noor Edwina Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.460

Abstract

Pendidikan memilki peran yang sangat penting untuk memenuhi sumber daya manusia yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan Indonesia. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Sistem pendidikan di Indonesia telah dilakukan dari Sabang hingga Merauke Papua. Namun hingga saat ini masih menjadi tantangan dalam pemerataaan pendidikan yang ada di Indonesia. Belum adanya semangat pendidikan yang membebaskan, tidak berkembangnya kultur pendidikan yang sehat, dan belum terbentuknya masyarakat yang melek pendidikan. Kondisi politik yang tidak aman, ekonomi yang lemah, dan sekolah yang tidak memadai secara signifikan mempengaruhi pendidikan siswa Papua. Hal ini berpengaruh pada motivasi belajar dan menjadi salah satu penyebab rendahnya karakter pada masyarakat. Sehingga motivasi belajar pada siswa asli Papua memiliki pengaruh dalam implementasi pendidikan karakter.
Kata kunci: motivasi belajar, siswa asli Papua, pendidikan karakter

Downloads

Published

2020-01-06

How to Cite

Maria Anjaryani, A., & Noor Edwina, T. (2020). MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA ASLI PAPUA TERHADAP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.460

Citation Check