PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PEMBELAJARAN PRAKARYA DI MTS NEGERI 5 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.462Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran prakarya di MTs Negeri 5 Demak. Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi MTs Negeri 5 Demak dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai media pembelajaran, dan untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai media pembelajaran mata pelajaran prakarya di MTs Negeri 5 Demak. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran cukup maksimal, (2). Kendala pemanfaatan TIK sebagai media pebelajaran: (a) belum semua ruang pembelajaran dilengkapi komputer dan LCD, (b) ada guru prakarya yang kurang terampil memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran, dan (c) guru belum memanfaatkan e_mail yang dimiliki sebagai media pembelajaran. (3) Solusinya penambahan komputer dan LCD pada ruang pembelajaran, memfasilitasi peningkatan ketrampilan guru dalam pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran, dan menyarankan guru memiliki alamat e_mail dan memanfaatkannya sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: teknologi informasi dan komunikasi, proses pembelajaran
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.