UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQU’RAN HADITS TENTANG MATERI MELESTARIKAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IXF MTS NEGERI BONANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Rofi’i - MTs Negeri 5 Demak Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.464

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas IXF pada mata pelajaran AlQur’an Hadits materi tentang Kelestarian alam di MTs Negeri Bonang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menerapkan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dan hasil belajar Hasil penelitian ini model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar Al Qur’an Hadits tentang Kelestarian alam siswa kelas IXF MTs Negeri Bonang semester 1 tahun pelajaran 2017/2018, dari rata- rata Pra Siklus sebesar 69 mengalami peningkatan di Siklus I sebesar 81 dengan Siklus II menjadi 91, Melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar Al Qur’an Hadits materi Kelestarian alam siswa kelas IXF MTs Negeri Bonang semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkat sebesar 22 dari nilai rata-rata 64 menjadi 86. Sedangkan, ketuntasan belajar terjadi peningkatan sebesar 77% dari yang tuntas 14% menjadi 91 % terjadi kenaikan yang sangat Signifikan.
Kata kunci: motivasi siswa, hasil belajar sisswa, tipe jigsaw

Downloads

Published

2020-01-06

How to Cite

-, R. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQU’RAN HADITS TENTANG MATERI MELESTARIKAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IXF MTS NEGERI BONANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017/2018. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.464

Citation Check