Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4659Abstract
Minat belajar merupakan bentuk penerimaan peserta didik yang diwujudkan dengan adanya dorongan dari dalam diri sehingga merasa senang ketika melakukan aktivitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar antara sebelum dan sesudah diberikannya treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan mengambil subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Purworejo. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20 siswa, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling kemudian dibagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, kemudian dianalisis menggunakan Wilxocon signed rank. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks diperoleh Zhitung ≤ Ztabel kelompok eksperimen pre-test, post-test sebesar (54.4 ≤ 2805), sedangkan nilai uji Wilcoxon Signed Ranks diperoleh Zhitung ≤ Ztabel kelompok kontrol pre-test, post-test sebesar (40.6 ≤ 2812), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap minat belajar siswa.
Kata kunci: bimbingan kelompok, problem solving, minat belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Anita Dewi Astuti, Friska Alifia Sekar Melati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.