Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Minat Belajar Siswa

Authors

  • Anita Dewi Astuti IKIP PGRI WATES YOGYAKARTA, Indonesia
  • Friska Alifia Sekar Melati IKIP PGRI Wates Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4659

Abstract

Minat belajar merupakan bentuk penerimaan peserta didik yang diwujudkan dengan adanya dorongan dari dalam diri sehingga merasa senang ketika melakukan aktivitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar antara sebelum dan sesudah diberikannya treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan mengambil subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Purworejo. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20 siswa, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling kemudian dibagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, kemudian dianalisis menggunakan Wilxocon signed rank. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon Signed Ranks diperoleh     Zhitung ≤ Ztabel kelompok eksperimen pre-test, post-test sebesar (54.4 ≤ 2805), sedangkan nilai uji Wilcoxon Signed Ranks diperoleh Zhitung ≤ Ztabel kelompok kontrol pre-test, post-test sebesar (40.6 ≤ 2812), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap minat belajar siswa.

Kata kunci: bimbingan kelompok, problem solving, minat belajar

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Astuti, A. D., & Friska Alifia Sekar Melati. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Minat Belajar Siswa . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 467–477. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4659

Citation Check