Efektivitas Pelatihan Kelompok Dengan Pendekatan Experiential Learning Dalam Meningkatkan Motivational Beliefs Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rizqika Rahmadini Universitas Indonesia, Indonesia
  • Eva Septiana Universitas Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4685

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan kelompok dengan pendekatan experiential learning terhadap peningkatan motivational beliefs pada siswa sekolah dasar. Secara lebih spesifik, pendekatan experiential learning merujuk pada daur belajar Kolb, dan aspek motivational beliefs yang disasar tersusun dari empat aspek yaitu efikasi diri, outcome expectation, task interest/value, dan goal orientation. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain eksperimental-kuasi one-group pre-test post-test. Melalui purposive sampling, terdapat 60 siswa kelas 4,5, dan 6 yang terlibat dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang dikembangkan berdasarkan materi pelatihan. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan uji paired sample t-test. Selain itu, jawaban pesserta pada lembar aktivitas yang  diisi selama mengikuti 2 hari kegiatan pelatihan juga digunakan sebagai data kualitatif pendukung.  Hasil penelitian menunjukkan jika terdapat perbedaan yang signifikan pada skor pre-test dan post-test peserta (t = -4.572, p<0.001). Dapat disimpulkan jika pemberian pelatihan kelompok dengan pendekatan experiential learning efektif untuk meningkatkan motivational beliefs peserta.

Kata kunci: pelatihan kelompok, motivational beliefs, experiential learning, daur belajar kolb, sekolah dasar

Downloads

Published

2023-05-12

How to Cite

Rahmadini, R., & Septiana, E. (2023). Efektivitas Pelatihan Kelompok Dengan Pendekatan Experiential Learning Dalam Meningkatkan Motivational Beliefs Siswa Sekolah Dasar . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 488–498. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4685

Citation Check