Peran Konseling Individu Dalam Pembentukan Konsep Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Kupang
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.4687Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran layanan konseling individu dalam pembentukan konsep diri siswa kelas X SMK Negeri 6 Kupang T.A. 2022/2023. Penelitian ini Berlokasi di SMK Negeri 6 Kupang, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah seorang guru dan lima orang siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan temuan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa konsep diri negatif dapat diminimalisir dengan layanan konseling individu. Dengan adanya layanan konseling individu membuat siswa lebih menjadi memahami diri, menerima kelebihan dan kekurangannya, dan mengembalikan rasa percara diri siswa.
Kata kunci: Peran Konseling Individu, Konsep Diri Siswa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ferdinan Leonardus Lopo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.