Peran Konseling Individu Dalam Pembentukan Konsep Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Kupang

Authors

  • Ferdinan Leonardus Lopo Universitas Persatuan Guru 1945 NTT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.4687

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran layanan konseling individu dalam pembentukan konsep diri siswa kelas X SMK Negeri 6 Kupang T.A. 2022/2023. Penelitian ini Berlokasi di SMK Negeri 6 Kupang, Kecamatan Kelapa Lima,  Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah seorang guru dan lima orang siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan temuan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa konsep diri negatif dapat diminimalisir dengan layanan konseling individu. Dengan adanya layanan konseling individu membuat siswa lebih menjadi memahami diri, menerima kelebihan dan kekurangannya, dan mengembalikan rasa percara diri siswa.

                                                                                       

Kata kunci: Peran Konseling Individu, Konsep Diri Siswa

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Lopo, F. L. (2025). Peran Konseling Individu Dalam Pembentukan Konsep Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Kupang. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1405–1409. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.4687

Citation Check