ASSESSMENT KEBUTUHAN PEDOMAN PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TINGKAT SMK DI KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Nindiya Eka Safitri Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Dwi Putranti Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i2.47

Abstract

Program bimbingan dan konseling komprehensif disusun berdasarkan kebutuhan peserta
didik dan lingkungannya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menyiapkan lulusan yang
siap kerja sehingga memerlukan program bimbingan dan konseling komprehensif yang
menunjang tujuan pendidikan di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kebutuhan guru bimbingan dan konseling akan pedoman penyusunan program bimbingan
dan konseling komprehensif di tingkat SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kulitatif menggunakan instrumen berupa wawancara dan
studi dokumentasi dengan teknik analisis model Miles dan Hubbersman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling di SMK cenderung menginginkan
pedoman penyusunan program bimbingan dan konseling komprehensif dalam bentuk
cetak. Adapun kajian materi yang dibutuhkan meliputi pengembangan rasional, visi dan
misi, deskripsi kebutuhan, tujuan layanan, komponen layanan, bidang layanan,
pengembangan tema/topik, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut, anggaran biaya dan
rencana kegiatan (action plans).
Kata Kunci: guru BK, bimbingan dan konseling, komprehensif, SMK

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Eka Safitri, N., & Putranti, D. (2019). ASSESSMENT KEBUTUHAN PEDOMAN PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TINGKAT SMK DI KOTA YOGYAKARTA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i2.47

Citation Check