Meningkatkan Perilaku Asertivitas Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4743Abstract
Salah satu perilaku yang dapat menghambat perkembangan siswa yaitu perilaku tidak asertif. Hal tersebut ditunjukkan dengan kecenderungan siswa yang diam dan kurang aktif saat proses pembelajaran pada siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan asertivitas siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIIIC SMP N 3 Suruh dengan besar sampel 14 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan yaitu angket skala asertivitas pre test dan post test. Analisis data yang digunakan analisis Mann-Whitney U Test. Berdasarkan analisis observasi dan evaluasi kelompok eksperimen dapat mengalami perubahan peningkatan asertivitasnya dibandingkan kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis Mann-Whitney U Test pada hasil post test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar sig. 0,002 < 0,050. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama secara signifikan dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VIIIC SMP N 3 Suruh.
Kata kunci: asertivitas, bimbingan kelompok, teknik sosiodrama
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ludviana Septentriwati, Tritjahjo Danny Soesilo, Umbu Tagela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.