Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah

Authors

  • Maulidya Galih Utami - Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Mamat Supriatna Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Setiawati Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4851

Abstract

Siswa dalam melaksanakan tugasnya dalam pendidikan harus mampu membuat keputusan dengan segera, konkrit dan realistis dalam pelaksanaan pembelajarannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan salah satu teknik dalam bimbingan kelompok dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan teknik pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kepustakaan atau literatur. Pengumpulan data yang digunakan berupa referensi teks pada jurnal dan buku yang relevan sesuai dengan bidang kajian yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan berpikir kriitis siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik pemecahan masalah. Analisis yang dilakukan adalah dengan menghubungkan dan membandingkan, memaparkan, dan menyimpulkan hasil temuan yang di jadikan referensi atau bahan kajian dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik pemecahan masalah.

Kata kunci: bimbingan kelompok, berpikir kritis, pemecahan masalah

Author Biographies

Mamat Supriatna, Universitas Pendidikan Indonesia

Dr. Mamat Supriatna, M.Pd. Lektor Kepala   NIP. 196008291987031002
NIDN. 0029086002
Scopus ID. 57144463600
SINTA ID. 6123032

Setiawati, Universitas Pendidikan Indonesia

Dr. Setiawati, M.Pd. Lektor Kepala NIP. 196211121986102001
NIDN. 0012116203
Scopus ID. -
SINTA ID. 5995343

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

-, M. G. U., Supriatna, M., & Setiawati. (2023). Meningkatkan Kecakapan Berpikir Kritis Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 359–368. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4851

Citation Check

Most read articles by the same author(s)