Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di SMP Perguruan Islam Amalia Medan

Authors

  • Putri Amanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Mahidin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4872

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. Metode dalam peneltian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif. Instrumen pengambilan data menggunakan skala linkert dengan skor 1- 4 dan pedoman obervasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis untuk mengetahui nilainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan besarnya nilai R Square, yaitu sebesar 0,628 pada tingkat signifikansi 0,05. Dengan demikian bimbingan belajar mempunyai pengaruh 60,5% dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa prestasi belajar siswa di SMP Perguruan Islam Amalia Medan meningkat seiring dengan seringnya mengikuti bimbingan belajar.

Kata kunci: bimbingan belajar, peningkatan, prestasi belajar

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Putri Amanda, & Mahidin. (2023). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 546–556. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4872

Citation Check