Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Dalam Melakukan Layanan Konseling Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 30 Kota

Authors

  • Muhammad Armansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Saiful Akhyar Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Yusnaili Budianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari pembinaan kompetensi profesional Guru. Bimbingan dan Konseling dalam melakukan layanan Konseling. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan reset ke lapangan. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui cara observasi, wawancara, dan tudi dokumen, penelitan iniberupaya agar penelitian ini bisa mencapai hasil yang maksimal sesuai harapan Adapun subjek yang diteliti oleh peneliti dalam memperoleh data penelitian yaitu: kepala sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling (BK) yang ada di Madrasah Aliyah wasta Al-Washliyah 30 Jl.Perintis Kemerdekaan Kebun Lada Binjai. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Bimbingan dan Konseling khusus di Madrasah Aliyah wasta Al-Washliyah 30 Kota Binjai sudah memiliki standard kompetensi profesional sesuai bidangnya dan terbukti dengan memiliki ijazah minimal (S1) dibagian konseling. Kesimpulan dalam penelitian ini Guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah wasta Al-Washliyah 30 Kota Binjai juga telah melakukan tugasnya dengan baik, bertanggung jawab, dan kompeten secara profesional.

Kata kunci: pembinaan, kompetensi, professional

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Armansyah, M., Lubis, S. A., & Budianti, Y. (2023). Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Dalam Melakukan Layanan Konseling Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah 30 Kota . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 557–566. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4896

Citation Check