Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Membentuk Percaya Diri Tanpa Insecure Pada Siswa SMA

Authors

  • Fuji Ayda Lestari Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Purbatua Manurung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4936

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan kelompok untuk membentuk percaya diri tanpa insecure di kelas XI MAN 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subyek dalam kajian ini adalah 8 siswa kelas XI MAN 1 Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu peneliti menentukan standar yang dapat dipilih responden sebagai tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk percaya diri pada siswa kelas XI MAN 1 Medan yang dilakukan sebanyak 8 orang sangat efektif dilakukan untuk membentuk percaya diri siswa. Dan pemberian layanan bimbingan kelompok ini menunjukkan bahwa ada perubahan dalam diri siswa. Jadi kepercayaan diri adalah kualitas pribadi yang harus dimiliki siswa. Namun, ketika siswa memiliki harga diri yang rendah, siswa menarik diri dan lebih cenderung mengasingkan diri.

Kata kunci: bimbingan kelompok, percaya diri, siswa SMA

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Fuji Ayda Lestari Saragih, & Purbatua Manurung. (2023). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Membentuk Percaya Diri Tanpa Insecure Pada Siswa SMA . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 636–645. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4936

Citation Check