Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Membentuk Percaya Diri Tanpa Insecure Pada Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4936Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan kelompok untuk membentuk percaya diri tanpa insecure di kelas XI MAN 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subyek dalam kajian ini adalah 8 siswa kelas XI MAN 1 Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu peneliti menentukan standar yang dapat dipilih responden sebagai tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk percaya diri pada siswa kelas XI MAN 1 Medan yang dilakukan sebanyak 8 orang sangat efektif dilakukan untuk membentuk percaya diri siswa. Dan pemberian layanan bimbingan kelompok ini menunjukkan bahwa ada perubahan dalam diri siswa. Jadi kepercayaan diri adalah kualitas pribadi yang harus dimiliki siswa. Namun, ketika siswa memiliki harga diri yang rendah, siswa menarik diri dan lebih cenderung mengasingkan diri.
Kata kunci: bimbingan kelompok, percaya diri, siswa SMA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Fuji Ayda Lestari Saragih, Purbatua Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.