Gambaran Kesejahteraan Psikologis Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Authors

  • Gina Herliani Suherlin Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Mamat Supriatna Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Suherman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4968

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran kesejahteraan psikologis siswa SMA. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden merupakan siswa kelas X SMAN Tasikmalaya yang berjumlah 591 siswa terdiri dari 180 siswa laki-laki dan 411 siswa perempuan. Selain itu, siswa yang menjadi responden berada pada masa remaja yang berusia 14 hingga 17 tahun. Instrumen yang digunakan yaitu Skala Kesejahteraan Psikologis terdiri dari 58 item dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukan 163 siswa berada pada skor tinggi, 427 siswa pada skor sedang, dan 1 siswa berada pada skor rendah. Sedangkan rata-rata kesejahteraan psikologis laki-laki yaitu 201 dan rata-rata kesejahteraan psikologis perempuan yaitu 200. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kesejahteraan psikologis siswa berada pada skor sedang dan laki-laki memiliki kesejahteraan psikologis yang lebih tinggi. Gambaran kesejahteran psikologis siswa dapat menjadi acuan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Kata kunci: kesejahteraan psikologis, bimbingan dan konseling, siswa SMA

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

Suherlin, G. H., Mamat Supriatna, & Suherman. (2024). Gambaran Kesejahteraan Psikologis Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1168–1174. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4968

Citation Check