Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Rantau

Authors

  • Ari Prasetyoaji Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia
  • Umar Zaky Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia
  • Tati Indriani Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Godean, Indonesia
  • Rizka Amanah Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5057

Abstract

Proses penyesuaian diri sangat penting, khusunya bagi mahasiswa rantau yang baru mengenal lingkungan baru. Ketidakmampuan dalam menyesuaian diri dengan baik dilingkungan baru berpengaruh pada motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajar pada mahasiswa rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta dengan sampel sebanyak 126 mahasiswa rantau, dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala penyesuaian diri dan skala motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (13,218 > 1,979). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penyesuaian diri terhadap motivasi belajar pada mahasiswa rantau di Universita Teknologi Yogyakarta.

Kata kunci: penyesuaian diri, motivasi belajar, mahasiswa rantau

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Prasetyoaji, A., Umar Zaky, Tati Indriani, & Rizka Amanah. (2024). Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Rantau . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5057

Citation Check