Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Rantau
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5057Abstract
Proses penyesuaian diri sangat penting, khusunya bagi mahasiswa rantau yang baru mengenal lingkungan baru. Ketidakmampuan dalam menyesuaian diri dengan baik dilingkungan baru berpengaruh pada motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri terhadap motivasi belajar pada mahasiswa rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa rantau di Universitas Teknologi Yogyakarta dengan sampel sebanyak 126 mahasiswa rantau, dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala penyesuaian diri dan skala motivasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (13,218 > 1,979). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan penyesuaian diri terhadap motivasi belajar pada mahasiswa rantau di Universita Teknologi Yogyakarta.
Kata kunci: penyesuaian diri, motivasi belajar, mahasiswa rantau
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ari Prasetyoaji, Umar Zaky, Tati Indriani, Rizka Amanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.