Pengaruh Motivasi, Beban dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5065Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh motivasi, beban dan stres kerja terhadap kinerja guru di SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Desain penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh guru, berjumlah 80 orang dengan sampling jenuh sebanyak 80 orang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengambilan data dengan cara pengelompokkan data, data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner, dengan teknik skala likert. Sedangkan data sekunder sebagai konfirmasi dari data primer, diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan motivasi kerja dan beban kerja guru tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Sedangkan stres kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja guru. Kesimpulan penelitian ini ialah motivasi, beban dan stres kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru. Kesimpulan dalam penelitian ini secara parsial motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Tinggi rendahnya motivasi kerja yang dimiliki oleh guru tidak akan mempengaruhi kinerja guru.
Kata kunci: kinerja guru, motivasi kerja, beban kerja, stres kerja
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ika Astuti, Arif Budi Raharjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.