Pengaruh Motivasi, Beban dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Ika Astuti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Arif Budi Raharjo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5065

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh motivasi, beban dan stres kerja terhadap kinerja guru di SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Desain penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh guru, berjumlah 80 orang dengan sampling jenuh sebanyak 80 orang. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Pengambilan data dengan cara pengelompokkan data, data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner, dengan teknik skala likert. Sedangkan data sekunder sebagai konfirmasi dari data primer, diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan motivasi kerja dan beban kerja guru tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Sedangkan stres kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja guru. Kesimpulan penelitian ini ialah motivasi, beban dan stres kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru. Kesimpulan dalam penelitian ini secara parsial motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Tinggi rendahnya motivasi kerja yang dimiliki oleh guru tidak akan mempengaruhi kinerja guru.

Kata kunci: kinerja guru, motivasi kerja, beban kerja, stres kerja

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Astuti, I., & Budi Raharjo, A. (2023). Pengaruh Motivasi, Beban dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 764–772. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.5065

Citation Check