KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED THERAPY DALAM MENINGKATKAN KETAATAN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH

Authors

  • Suerlin Setyawati Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i2.51

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling
kelompok dengan teknik client centered therapy terhadap peningkatan
ketaatan tata tertib sekolah. Penelitian quasi eksperimental one group
pretest and posttest ini mengambil sampel sebanyak 30 subjek dari
siwa kelas VIII MTs Negeri 4 Sleman. Intrumen penelitian berupa
seperangkat angket skala likert mengenai sikap terhadap ketaatan tata
tertib sekolah. Setelah melalui uji persyaratan analisis, data dianalisis
dengan uji-t dengan bantuan SPSS.10. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan
teknik client centered therapy dalam meningkatkan ketaatan terhadap
tata tertib sekolah, Pengaruh ini ditunjukkan oleh hasil uji-t yang
menunjukkan taraf signifikansi yang tinggi yaitu 3,084. Sementara itu
untuk nilai t tabel untuk N = 30 dengan taraf signifikansi 95% hanya
sebesar 0,683.Dengan demikian layanan konseling kelompok dengan
teknik client centered therapy mampu meningkatkan ketaatan
terhadap tata tertib sekolah.
Kata kunci: konseling kelompok, client centered therapy, ketaatan tata
tertib.

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Setyawati, S. (2019). KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED THERAPY DALAM MENINGKATKAN KETAATAN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i2.51

Citation Check