KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED THERAPY DALAM MENINGKATKAN KETAATAN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i2.51Abstract
kelompok dengan teknik client centered therapy terhadap peningkatan
ketaatan tata tertib sekolah. Penelitian quasi eksperimental one group
pretest and posttest ini mengambil sampel sebanyak 30 subjek dari
siwa kelas VIII MTs Negeri 4 Sleman. Intrumen penelitian berupa
seperangkat angket skala likert mengenai sikap terhadap ketaatan tata
tertib sekolah. Setelah melalui uji persyaratan analisis, data dianalisis
dengan uji-t dengan bantuan SPSS.10. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan
teknik client centered therapy dalam meningkatkan ketaatan terhadap
tata tertib sekolah, Pengaruh ini ditunjukkan oleh hasil uji-t yang
menunjukkan taraf signifikansi yang tinggi yaitu 3,084. Sementara itu
untuk nilai t tabel untuk N = 30 dengan taraf signifikansi 95% hanya
sebesar 0,683.Dengan demikian layanan konseling kelompok dengan
teknik client centered therapy mampu meningkatkan ketaatan
terhadap tata tertib sekolah.
Kata kunci: konseling kelompok, client centered therapy, ketaatan tata
tertib.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.