Relasi Persepsi Kompetensi Akademik, Motivasi Berprestasi, Dukungan Sosial Guru, dan Flow Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5114Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi kompetensi akademik, motivasi berpretasi dan dukungan sosial guru dengan flow akademik. Penelitian ini menggunakan subjek siswa SMP di Kota Solo. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif, dengan alat pengumpulan data berupa skala psikologi dan jumlah subjek penelitian sebanyak 451 siswa yang terbagi dalam dua kecamatan yang dipilih dengan tehnik cluster random sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara persepsi kompetensi akademik, motivasi berprestasi, dan dukungan sosial guru dengan flow akademik pada siswa, dengan nilai R 0,920 dan nilai (p) 0,000 p< 0,01. Sumbangan efektif variabel persepsi kompetensi akademik sebesar 45,81%, kemudian motivasi berprestasi 36,96% dan dukungan sosial guru sebesar 2,00%. Sumbangan efektif dari variabel tersebut sebanyak 84,7%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara persepsi kompetensi akademik, motivasi berprestasi, dan dukungan guru dengan flow akademik pada siswa SMP di Kota Solo.
Kata kunci: flow akademik, dukungan sosial guru, motivasi berprestasi, persepsi kompetensi akademik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Devi Hastiana, Wiwien Dinar Pratisti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.