Relasi Persepsi Kompetensi Akademik, Motivasi Berprestasi, Dukungan Sosial Guru, dan Flow Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Devi Hastiana Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Wiwien Dinar Pratisti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi kompetensi akademik, motivasi berpretasi dan dukungan sosial guru dengan flow akademik. Penelitian ini menggunakan subjek siswa SMP di Kota Solo. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif, dengan alat pengumpulan data berupa skala psikologi dan jumlah subjek penelitian sebanyak 451 siswa yang terbagi dalam dua kecamatan yang dipilih dengan tehnik cluster random sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara persepsi kompetensi akademik, motivasi berprestasi, dan dukungan sosial guru dengan flow akademik pada  siswa, dengan nilai R 0,920 dan nilai (p) 0,000 p< 0,01. Sumbangan efektif variabel persepsi kompetensi akademik sebesar 45,81%, kemudian motivasi berprestasi 36,96% dan dukungan sosial guru sebesar 2,00%. Sumbangan efektif  dari variabel tersebut sebanyak 84,7%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara persepsi kompetensi akademik, motivasi berprestasi, dan dukungan guru dengan flow  akademik pada siswa SMP di Kota Solo.

Kata kunci: flow akademik, dukungan sosial guru, motivasi berprestasi, persepsi kompetensi akademik

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Hastiana, D., & Pratisti, W. D. (2024). Relasi Persepsi Kompetensi Akademik, Motivasi Berprestasi, Dukungan Sosial Guru, dan Flow Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1310–1318. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5114

Citation Check