Self-Efficacy Pada Siswa: Systematic Literatur Review

Authors

  • Arif Sahin Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Renatha Ernawati Universitas Kristen Indonesia, Indonesia
  • Rizki Amalia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Raudah Zaimah Dalimunthe Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Amalia Rizki Pautina Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai, Indonesia
  • Sya'ban Maghfur Universitas Islam Negeri Salatiga, Indonesia
  • Dini Chairunnisa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
  • Ahmad Fasya AlfayyadI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Buntet Pesantren, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5549

Abstract

Dunia pendidikan memegang peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas di masa yang akan datang. Self Efficacy memiliki andil yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, seseorang akan berupaya memanfaatkan potensi dirinya secara optimal apabila self efficacy–nya mendukung. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana dampak dari Self-efficacy rendah dan Self-efficac tinggi dan faktor-faktor penyebab Self efficacy rendah dan Self-efficacy tinggi pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review. Penelitian ini menghasilkan 1) dampak dari Self-efficacy tinggi siswa mampu beradaptasi karir, prestasi akademik dan minat karir yang lebih baik 2) dampak dari Self-efficacy rendah yaitu siswa melakukan tindakan tidak jujur atau menyontek untuk meraih nilai tinggi 3) Faktor dari self-efficacy adalah prestasi, motivasi akademik, kesuksesan, dan pilihan karier di masa depan dan 4) faktor dari Self-efficacy siswa yang rendah yaitu bingung dengan materi pelajaran yang banyak dan  mengeluh dengan soal yang sulit. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu self-efficacy memiliki peran penting dalam proses keberhasilan akademik dan pemilihan karier  siswa.

Kata kunci: self-efficacy, pendidikan, tinjauan

Downloads

Published

2024-01-07

How to Cite

Sahin, A., Renatha Ernawati, Rizki Amalia, Raudah Zaimah Dalimunthe, Amalia Rizki Pautina, Sya’ban Maghfur, … Ahmad Fasya AlfayyadI. (2024). Self-Efficacy Pada Siswa: Systematic Literatur Review . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 627–639. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5549

Citation Check