Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Authors

  • Martia Fotriani Universitas jambi, Indonesia
  • Affan Yusra Universitas Jambi, Indonesia
  • Nelyahardi Gutji Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5853

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah gambaran kualitas strategi pembelajaran, tingkat kejenuhan belajar siswa, dan apakah strategi pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto. Hasil Penelitian ini memperlihatkan pengolahan nilai Sig. pada deviation from linearity yaitu 0,397 > 0,05 yang diartikan bahwa variabel X terhadap variabel Y memiliki hubungan yang linear namun strategi pembelajaran (X) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kejenuhan belajar (Y). Kesimpulan penelitian ini adalah kualitas strategi pembelajaran berada dalam kategori “baik” dengan persentase sebesar 74,41%. Tingkat kejenuhan belajar siswa yang berada pada kategori “tinggi” dengan persentase sebesar 67,54%. Dan hasil pengolahan analisis data pada koefisien determinasi sebesar 0,009 atau 0,9% dengan kriteria penafsiran pengaruh persial determinasi berada pada kategori “rendah tapi pasti”.  

Kata kunci: kejenuhan belajar,strategi pembelajaran,kejenuhan belajar siswa

Downloads

Published

2024-05-04

How to Cite

Martia Fotriani, Affan Yusra, & Nelyahardi Gutji. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1441–1452. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5853

Citation Check