Urgensi Pendekatan Bimbingan Teman Sebaya untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa

Authors

  • Vina Robi’ah Adawiyah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Agus Taufiq Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ipah Saripah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5880

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling di perguruan tinggi berperan penting dalam membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan resiliensi akademik. Namun, saat ini layanan BK di PT masih menemui hambatan seperti rasio konselor dan mahasiswa yang belum ideal. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi untuk optimalisasi layanan BK di PT yang dapat membantu meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa. Penelitian bertujuan untuk meneliti urgensi pendekatan bimbingan teman sebaya sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan terhadap 541 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa sering menghadapi tantangan akademik, sedangkan sebagian besar mahasiswa lebih memilih untuk meminta bantuan mahasiswa lain dibandingkan layanan BK di PT. Oleh karena itu, berdasarkan temuan penelitian, terdapat urgensi pengembangan layanan bimbingan teman sebaya sebagai untuk meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa. Direkomendasikan kepada layanan BK di PT untuk mengembangkan program bimbingan teman sebaya.  

Kata Kunci : resiliensi akademik, bimbingan teman sebaya, mahasiswa

Downloads

Published

2024-02-29

How to Cite

Adawiyah, V. R., Taufiq, A., & Saripah, I. (2024). Urgensi Pendekatan Bimbingan Teman Sebaya untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1074–1085. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5880

Citation Check