Pengembangan Model Supervisi Blended Pada Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Authors

  • Marina Sandra Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Yari Dwikurnaningsih Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Marinu Waruwu Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5971

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model supervisi blended pada layanan BK untuk meningkatkan kinerja Guru BK. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Borg & Gall sampai pada tahapan ke lima. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, studi dokumentasi serta wawancara. Hasil penelitian menghasilkan model supervisi Blended pada layanan bimbingan dan konseling yang terdiri dari: buku model, dan buku panduan bagi supervisor dan Guru BK. Berdasarkan hasil validasi ahli yang dilakukan ahli supervisi bimbingan dan konseling menyatakan bahwa model supervisi blended pada layanan bimbingan dan konseling ini memiliki kategori baik (79,3%), pada validasi ahli yang dilakukan oleh ahli teknologi informasi menyatakan desain media dan buku panduan berada pada kategori sangat baik (90%). Pada uji coba terbatas yang dilakukan terhadap kepala sekolah dan Guru BK berada pada semua aspek dengan kategori sangat baik 85,83% yang dapat diartikan bahwa model supervisi blended efektif untuk meningkatkan kinerja Guru BK.

Kata kunci: model supervisi blended, layanan bimbingan dan konseling, kinerja guru

Downloads

Published

2024-05-05

How to Cite

Marina Sandra, Dwikurnaningsih, Y., & Waruwu, M. (2024). Pengembangan Model Supervisi Blended Pada Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kinerja Guru. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1466–1477. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5971

Citation Check