Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Bimbingan Konseling

Authors

  • Muhammad Iqbal Zamanul Khaq Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Yustinus Windrawanto Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Sapto Irawan Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6005

Abstract

Pembelajaran daring merupakan media alternatif ketika pembelajaran luring tidak dapat dilakukan. Pelaksanaan pembelajaran daring memiliki keterbatasan dalam interaksinya dan keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh motivasi belajar. Tanpa adanya motivasi belajar tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa BK UKSW Angkatan 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model kasual komparatif. Subjek penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah populasi 46 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan regresi linier sederhana setelah dilakukan uji prasyarat serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dengan nilai thitung 3,840 > ttabel 1,684 yang berarti ada pengaruh positif. Oleh karena itu, upaya dari pendidik ketika melakukan pembelajaran daring merupakan kunci keberhasilan dari pembelajaran daring.

Kata kunci: pembelajaran daring, motivasi belajar, mahasiswa

Downloads

Published

2025-02-02

How to Cite

Khaq, M. I. Z., Yustinus Windrawanto, & Sapto Irawan. (2025). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Bimbingan Konseling. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1303–1311. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6005

Citation Check