EFEKTIVITAS SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) DALAM MEREDUKSI EMOSI MARAH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN

Authors

  • Anang Sumarna Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan pengendalian emosi marah pada siswa MTs Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta; (2) mengukur efektivitas Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam mereduksi emosi marah siswa di MTs Muhammadiyah Gedongtengen; (3) mendeskripsikan penerapan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam pembelajaran siswa di MTs Muhammadiyah Gedongtengen. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Adapun lokasi yang dipilih oleh peneliti adalah Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini (1) kemampuan pengendalian emosi marah pada siswa MTs Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta masih tergolong rendah; (2) desain dan penerapan Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam pembelajaran siswa di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Kota Yogyakarta dapat dilakukan dengan cara pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menunjang aspek spiritual, walaupun hanya nurturant efect, bukan instructional efect; (3) Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam mereduksi emosi marah siswa secara klasikal di MTs Muhammadiyah Gedongtengen tidak efektif.
Kata kunci: efektifitas, spiritual emotional freedom technique, emosi marah

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Sumarna, A. (2019). EFEKTIVITAS SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) DALAM MEREDUKSI EMOSI MARAH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.63

Citation Check