Gambaran Evektifitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Stres Akademik Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Suprianto Baen Halim Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Awaluddin Tjalla Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Susi Fitri Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6783

Abstract

Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik akan dipersepsi sebagai beban yang melebihi batas kemampuan peserta didik dan akan berdampak stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan cognitive-behavior therapy untuk mengurangi stres akademik pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental design karena adanya manipulasi perubah bebas yang berupa perlakuan atau treatment. Hasil studi pendahuluan terhadap 30 peserta didik didapatkan 83,3% peserta didik yang mengalami stres akademik tinggi, 16,7% rendah. Subjek penelitiannya adalah peserta didik yang berada pada kategori stres akademik tinggi yaitu sebanyak 20 orang yang kemudian diberi perlakuan atau tritmen untuk mengukur keefektifan sebelum data didapatkan 83,3<8,35 artinya ada perbedaan atau perubahan peserta didik ketika diberikan tritmen bimbingan cognitive-behavior therapy sehingga dapat diartikan bahwa berhasil menyelesaikan satu masalah yaitu mengurangi stres akademik di SMP Negeri 8 palopo. 

Kata Kunci: bimbingan cognitive behavior therapy, stres akademik, peserta didik

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Halim, S. B., Awaluddin Tjalla, & Susi Fitri. (2024). Gambaran Evektifitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengurangi Stres Akademik Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 862–870. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6783

Citation Check