Kecerdasan Emosi dan Resiliensi Akademik Sebagai Prediktor Prestasi Akademik Mahasiswa

Authors

  • Fadli Rahman Universitas Paramadina, Indonesia
  • Elfandrian Putra Universitas Paramadina, Indonesia
  • Elis Yulia Ningsih Universitas Paramadina, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6859

Abstract

Dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) menjadi indikator utama dalam menilai keberhasilan akademik. Namun, tidak semua mahasiswa mampu mencapai prestasi akademik yang memuaskan, meskipun memiliki potensi yang memadai.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosi dan resiliensi akademik sebagai prediktor prestasi akademik pada mahasiswa Sarjana di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data regresi logistik ordinal. Sampel penelitian terdiri dari 425 mahasiswa dari berbagai program studi yang berpartisipasi secara sukarela. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, resiliensi akademik merupakan prediktor signifikan terhadap prestasi akademik dengan koefisien resiliensi akademik (0.050) dan kecerdasan emosi (-0.032) terhadap prestasi akademik. Pengembangan kecerdasan emosi dan resiliensi akademik harus seimbang untuk meningkatkan prestasi akademik agar tidak terlalu fokus pada aspek emosional dan interpersonal hingga mengabaikan pencapaian akademik.

Kata kunci:  kecerdasan emosi, resiliensi akademik, prestasi akademik, mahasiswa

Downloads

Published

2024-11-02

How to Cite

Fadli Rahman, Elfandrian Putra, & Elis Yulia Ningsih. (2024). Kecerdasan Emosi dan Resiliensi Akademik Sebagai Prediktor Prestasi Akademik Mahasiswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 820–834. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6859

Citation Check