Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP

Authors

  • Indy Rahma Aulia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Dwi Dasalinda Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Eka Heriyani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Haning Tri Widiastuti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6875

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul pada peserta didik yang berkaitan dengan konsep diri. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dalam meningkatkan konsep diri peserta didik  di  SMPN  9  Tambun  Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pra-eksperimen model one group pre-test post-test. Berdasarkan analisis statistik didapatkan nilai sig. sebesar 0.001 untuk mendapatkan titik ‘t’ dengan taraf signifikansi 5%. df=8-1=7, t0=5,33 dan tt= 2,36. Berdasarkan hasil uji analisis membuktikan bahwa Konseling Kelompok berpengaruh signifikan dalam meningkatkan konsep diri peserta didik di SMPN 9 Tambun Selatan. Penelitian ini penting dilakukan untuk meningkatkan konsep diri peserta didik, karena konsep diri positif mampu memberikan dampak baik dalam bidang akademik maupun sosial.

Kata kunci: konseling kelompok, konsep diri, peserta didik

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Indy Rahma Aulia, Dwi Dasalinda, Eka Heriyani, & Haning Tri Widiastuti. (2024). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1103–1116. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6875

Citation Check