Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Konsep Diri Peserta Didik SMP
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6875Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul pada peserta didik yang berkaitan dengan konsep diri. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dalam meningkatkan konsep diri peserta didik di SMPN 9 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pra-eksperimen model one group pre-test post-test. Berdasarkan analisis statistik didapatkan nilai sig. sebesar 0.001 untuk mendapatkan titik ‘t’ dengan taraf signifikansi 5%. df=8-1=7, t0=5,33 dan tt= 2,36. Berdasarkan hasil uji analisis membuktikan bahwa Konseling Kelompok berpengaruh signifikan dalam meningkatkan konsep diri peserta didik di SMPN 9 Tambun Selatan. Penelitian ini penting dilakukan untuk meningkatkan konsep diri peserta didik, karena konsep diri positif mampu memberikan dampak baik dalam bidang akademik maupun sosial.
Kata kunci: konseling kelompok, konsep diri, peserta didik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Indy Rahma Aulia, Dwi Dasalinda, Eka Heriyani, Haning Tri Widiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.