Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMA

Authors

  • Warsita Isrofi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Ghozali Rusyid Affandi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6961

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu komponen paling penting untuk menunjang kesuksesan belajar dari siswa sekaligus dapat memiliki pencapaian yang memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada siswa SMA X Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA X Sidoarjo dengan jumlah sebanyak 852 Siswa. Selanjutnya bedasarkan tabel Isaac Michael dengan taraf kesalahan 5% didapatkan jumlah sampel sebanyak 260 siswa menengah pertama melalui teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar. Skala berjenis likert dengan 4 alternatif jawaban yaitu sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, dan sangat setuju. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa pearson product moment correlation. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar (r = 0,141, p-value = 0,023). Penelitian ini mengimplikasikan pentingnya terciptanya lingkungan sosial yang baik bagi siswa, sehingga dukungan sosial antar siswa dapat terbentuk.

Kata kunci: dukungan sosial teman sebaya, motivasi belajar, siswa SMA

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Isrofi, W., & Ghozali Rusyid Affandi. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 719–728. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.6961

Citation Check