Pengembangan Model Bimbingan Interpersonal Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Kota Pangkalpinang (Tinjauan Kecenderungan Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar)

Authors

  • Hevitria Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Said Akhmad Maulana Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Muhamad Tohir Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
  • Ropita Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7067

Abstract

Kurangnya model interpersonal yang optimal dalam membimbing menyebabkan siswa bertingkah laku yang menyimpang secara sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bimbingan interpersonal siswa SD di Kota Pangkalpinang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D. Produk pengembangan berupa buku model bimbingan interpersonal untuk siswa SD. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas tinggi. Subjek uji skala kecil berjumlah 10 orang, sedangkan skala besar berjumlah 60 siswa. Instrumen pengumpulan data yakni observasi, angket siswa, lembar validasi, wawancara guru, dan angket respon guru. Teknik analisis data meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian pengembangan produk model interpersonal untuk siswa SD di Kota Pangkalpinang dinilai valid dan praktis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara bimbingan interpersonal dan perilaku verbal bullying di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini diharapkan anak mendapatkan pengarahan dan bimbingan orang tua serta guru dalam menumbuhkembangkan bimbingan interpersonal anak.

Kata kunci: bimbingan, interpersonal,  bullying

Downloads

Published

2025-03-02

How to Cite

Hevitria, Said Akhmad Maulana, Muhamad Tohir, & Ropita. (2025). Pengembangan Model Bimbingan Interpersonal Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Kota Pangkalpinang (Tinjauan Kecenderungan Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 1621–1632. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7067

Citation Check