Hubungan Self-Esteem Dan Minat Belajar dengan Kematangan Karir Siswa DI SMK

Authors

  • Zulfahriansyah Harahap Universitas Medan Area, Indonesia
  • Salamiah Sari Dewi Universitas Medan Area, Indonesia
  • Amanah Surbakti Universitas Medan Area, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7126

Abstract

Lembaga pendidikan formal yang berperan dalam membentuk karir dan mengembangkan kemampuan siswa sebagai persiapan untuk masa depan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan self-estem, minat belajar dengan kematangan karir siswa. Metode  menggunakan kuantitatif populasi 493 dan sampel 100 siswa. Alat ukur yang dipakai yaitu skala. Analisis data dengan Regresi Berganda. Berdasarkan hasil yaitu (1) Signifikan 0,712 dengan p= 0,000 < 0,050 (self-esteem dengan kematangan karir ). (2) hubungan  positif  nilai koefisien (rxy)= 0,937 dengan p= 0,000 < 0,050 (antara minat belajar dengan kematangan karir). (3) Berdasarkan hasil analisis, diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-esteem dan minat belajar dengan kematangan karir. Sehingga adanya hubungan positif yang signifikan antara self-esteem dengan kematangan karir, Adanya hubungan  positif yang signifikan antara minat belajar dengan kematangan karir. Apabila self esteem dan minat belajar tidak baik maka akan berdampak pada karir di masa depan.

Kata kunci: kematangan karir, self–esteem, minat belajar

Downloads

Published

2024-12-11

How to Cite

Zulfahriansyah Harahap, Salamiah Sari Dewi, & Amanah Surbakti. (2024). Hubungan Self-Esteem Dan Minat Belajar dengan Kematangan Karir Siswa DI SMK . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1015–1024. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7126

Citation Check