Kompetensi Profesional Konselor Dalam Penguasaan Asesmen Karir Siswa SMK

Authors

  • Mutiarani Rizki Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Nur Hidayah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Arbin Janu Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7153

Abstract

Penguasaan asesmen karir merupakan kompetensi yang perlu dimiliki dan dikuasai oleh konselor SMK. Pemahaman dalam asesmen karir akan meningkatkan kualitas dalam pelaksanaan dan hasil asesmen. Hasil asesmen yang berkualitas menjadi dasar dalam pemberian layanan karir yang optimal. Tujuan penelian ini untuk memperoleh Gambaran kompetensi profesional konselor SMK dalam penguasaan asesmen karir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain survei dengan analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah konselor SMK Kabupaten Malang. Instrumen yang digunakan ialah instrumen kompetensi penguasaan konsep dan praksis asesmen. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan presentase untuk mendeskripsikan hasil masing-masing indikator. Hasil berdasarkan survei menunjukkan kompetensi konselor dalam asesmen karir cukup baik, akan tetapi terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan terutama dalam penyusunan dan pengembangan instrumen karir. Penelitian ini dapat digunakan sebagai data dalam melakukan intervensi kepada konselor yang memiliki indikasi kompetensi asesmen rendah dengan supervisi.

Kata kunci: kompetensi profesional, asesmen, karir

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Rizki, M., Hidayah, N., & Janu , A. (2024). Kompetensi Profesional Konselor Dalam Penguasaan Asesmen Karir Siswa SMK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1037–1055. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7153

Citation Check