Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA di Provinsi Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7326Abstract
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ialah suatu program kurikulum nasional guna menanamkan karakter siswa agar bersesuaian dengan nilai-nilai Pancasila. Riset ini dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2024 untuk menggambarkan strategi penerapan P5 di SMA Negeri 1 Gondang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitiatif. Wawancara, observasi, serta dokumentasi diaplikasikan sebagai teknik dalam mengumpulkan data. Informan dipilih menggunakan metode purposive sampling, mencakup siswa, fasilitator/guru, serta wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan riset ditemukan bahwa: 1) pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam P5; 2) pentingnya tim dalam proyek level sekolah; 3) perlunya identifikasi kesiapan sekolah; 4) kerjasama sekolah dengan pihak eksternal; 5) perlunya asesmen dan evaluasi P5; 6) adanya fasilitas yang memadai serta dukungan dari pihak internal maupun eksternal menjadi faktor pendukung; 7) faktor penghambatnya yaitu terbatasnya guru fasilitator di sekolah.
Kata kunci: karakter peserta didik, leadership, pancasila, proyek sekolah, studi kasus
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Yetik Nur Dwi Handayani, Rochman Hadi Mustofa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.