Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA di Provinsi Jawa Tengah

Authors

  • Yetik Nur Dwi Handayani Uniiversitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Rochman Hadi Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7326

Abstract

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ialah suatu program kurikulum nasional guna menanamkan karakter siswa agar bersesuaian dengan nilai-nilai Pancasila. Riset ini dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2024 untuk menggambarkan strategi penerapan P5 di SMA Negeri 1 Gondang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitiatif. Wawancara, observasi, serta dokumentasi diaplikasikan sebagai teknik dalam mengumpulkan data. Informan dipilih menggunakan metode purposive sampling, mencakup siswa, fasilitator/guru, serta wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Data dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan riset ditemukan bahwa: 1) pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam P5; 2) pentingnya tim dalam proyek level sekolah; 3) perlunya identifikasi kesiapan sekolah; 4) kerjasama sekolah dengan pihak eksternal; 5) perlunya asesmen dan evaluasi P5; 6) adanya fasilitas yang memadai serta dukungan dari pihak internal maupun eksternal menjadi faktor pendukung; 7) faktor penghambatnya yaitu terbatasnya guru fasilitator di sekolah.

Kata kunci: karakter peserta didik, leadership, pancasila, proyek sekolah, studi kasus

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Yetik Nur Dwi Handayani, & Rochman Hadi Mustofa. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA di Provinsi Jawa Tengah . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(3), 1495–1512. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7326

Citation Check