MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS HUMANISTIK UNTUK MENGUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA IKIP-PGRI PONTIANAK

Authors

  • Kamaruzzaman - IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Aliwanto - IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.74

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan empirik yang menunjukkan bahwa permasalahan karakter merupakan isu nasional yang menjadi perhatian bagi semua pihak. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya atau strategi dalam menyikapi situasi tersebut, sehingga harapan karakter anak-anak bangsa sebagai masa depan bangsa dapat berkembang dengan baik. Tingkat karakter mahasiswa IKIP PGRI Pontianak berada pada kategori rendah, untuk itu perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis humanistik yang dapat meningkatkan karakter mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis humanistik efektif untuk menguatkan pendidikan karakter pada mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Faktanya pada uji hipotesis menunjukkan bahwa semua indikator karakter mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah mendapatkan intervensi bimbingan kelompok berbasis humanistik. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa semua indikator karakter mahasiswa memperoleh nilai signifikansi atau mengalami peningkatan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi rata-rata karakter mahasiswa sebelum dan sesudah tindakan adalah mengalami peningkatan.
Kata kunci: karakter, model bimbingan kelompok berbasis humanistik

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

-, K., & -, A. (2019). MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS HUMANISTIK UNTUK MENGUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA IKIP-PGRI PONTIANAK. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.74

Citation Check