Kompetensi Pendidik Dalam Mus‘Ab Bin Umair R.A (Teladan Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Modern): Kajian Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7555Abstract
Penelitian ini mengkaji kompetensi pendidik dalam diri Mus‘ab bin Umair R.A. dan relevansinya dengan pendidikan modern melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Mus‘ab bin Umair, sebagai pendidik pertama dalam Islam, diutus Rasulullah SAW untuk mengajarkan Al-Qur’an dan syariat Islam di Madinah. Ia berhasil mentransformasi masyarakat melalui pendekatan holistik yang menggabungkan aspek pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Penelitian ini menggunakan PRISMA Model dengan menganalisis artikel dari Google Scholar terbitan 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mus‘ab memiliki empat kompetensi utama sebagaimana disyaratkan oleh Undang-Undang tentang pendidik profesional. Nilai-nilai seperti kesabaran, keteladanan, dan integrasi keilmuan dengan akhlak menjadi relevan untuk diintegrasikan dalam pendidikan modern. Temuan ini memberikan kerangka teoretis dan praktis bagi pengembangan pendidikan Islam di era globalisasi, terutama dalam menghadapi tantangan degradasi moral dan spiritual. Dengan demikian, kisah Mus‘ab dapat menginspirasi pendidik modern untuk menjadi teladan dalam membentuk karakter peserta didik.
Kata kunci: kompetensi, pendidikan, mus’ab bin umair
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Mhd. Abdi Hasibuan, Junaidi Arsyad, Azizah Hanum OK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.