Kompetensi Pendidik Dalam Mus‘Ab Bin Umair R.A (Teladan Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Modern): Kajian Systematic Literature Review

Authors

  • Mhd. Abdi Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Junaidi Arsyad Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Azizah Hanum OK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7555

Abstract

Penelitian ini mengkaji kompetensi pendidik dalam diri Mus‘ab bin Umair R.A. dan relevansinya dengan pendidikan modern melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Mus‘ab bin Umair, sebagai pendidik pertama dalam Islam, diutus Rasulullah SAW untuk mengajarkan Al-Qur’an dan syariat Islam di Madinah. Ia berhasil mentransformasi masyarakat melalui pendekatan holistik yang menggabungkan aspek pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Penelitian ini menggunakan PRISMA Model dengan menganalisis artikel dari Google Scholar terbitan 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mus‘ab memiliki empat kompetensi utama sebagaimana disyaratkan oleh Undang-Undang tentang pendidik profesional. Nilai-nilai seperti kesabaran, keteladanan, dan integrasi keilmuan dengan akhlak menjadi relevan untuk diintegrasikan dalam pendidikan modern. Temuan ini memberikan kerangka teoretis dan praktis bagi pengembangan pendidikan Islam di era globalisasi, terutama dalam menghadapi tantangan degradasi moral dan spiritual. Dengan demikian, kisah Mus‘ab dapat menginspirasi pendidik modern untuk menjadi teladan dalam membentuk karakter peserta didik.

Kata kunci: kompetensi, pendidikan, mus’ab bin umair

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Hasibuan, M. A., Junaidi Arsyad, & Azizah Hanum OK. (2025). Kompetensi Pendidik Dalam Mus‘Ab Bin Umair R.A (Teladan Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Modern): Kajian Systematic Literature Review. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 1395–1404. https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i2.7555

Citation Check