Efektivitas Psikoedukasi Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mengurangi Kasus Bullying Pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.31316/g-couns.v9i3.7566Abstract
Bullying merupakan tindakan agresi yang dilakukan individu ke individu lain. Bullying seringkali terjadi pada masa remaja. Melihat fenomena ini, menjadi penting untuk meningkatkan pemahaman kasus bullying melalui pendidikan karakter. Berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini, kami mengadakan penelitian dengan tujuan agar siswa dapat meningkatkan pemahaman terhadap kasus bullying dan membentuk karakter positif untuk menurunkan kasus bullying. Mitra psikoedukasi ini merupakan SMP Negeri 5 Sidoarjo dengan desain eksperimen, yang melibatkan pengisian pre-test sebelum materi diberikan, diikuti dengan pemberian materi psikoedukasi, dan diakhiri dengan pengisian post-test untuk mengukur perubahan pemahaman siswa. Rata-rata skor pre-test siswa adalah 150,586, sedangkan skor post-test meningkat menjadi 160,862. Hasil Uji Paired Samples T-Test menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test, (p < 0,05), membuktikan efektivitas program psikoedukasi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan program psikoedukasi berbasis pendidikan karakter di lingkungan sekolah untuk menciptakan budaya yang lebih inklusif, aman, dan mendukung, serta memberikan dampak positif dalam pencegahan bullying di kalangan siswa.
Kata kunci: bullying, pendidikan karakter, psikoedukasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Friska Triana Dewi, Hazim Hazim, Zaki Nur Fahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.