STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PNS DAN PERSYARIKATAN DI SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN DAN SMP MUHAMMADIYAH PUNDONG
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.803Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menemukan signifikansi perbedaan kemampuan manajerial Kepala sekolah SMP Muhammadiyah Kasihan yang PNS Dan SMP Muhammadiyah Pundong yang Persyarikatan. (2) Menemukan faktor pembeda kemampuan manajerial Kepala sekolah SMP Muhammadiyah Kasihan dan Kepala sekolah SMP Muhammadiyah Pundong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul dan SMP Muhammadiyah Pundong Bantul DIY. Tehnik pengumpulan data, penulis menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahsan menunjukkan bahwa: (1) Manajerial Kepala sekolah persyarikatan menurut hasil penelitian penulis dalam hal perencanaan lebih berani melakukan inovasi atau variatif artinya berani keluar dari nomenklatur kementrian pendidikan.. (2) Manajerial Kepala sekolah PNS menurut hasil penelitian penulis dalam hal perencanaan belum berani melakukan inovasi atau variatif artinya cenderung mengikuti nomenklatur kementrian pendidikan. Monitoring dan evaluasi dilakukan tetapai kurang transparan artinya tidak setiap warga sekolah tau tentang pelaporan sekolah.
Kata kunci: manajerial, kepala sekolah pns, persyarikatan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.