PEMBANGUNAN KARAKTER SISWA MELALUI HABITUASI SEKOLAH MUHAMMADIYAH (STUDI KASUS SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI)
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.804Abstract
Kasus ini terlihat pada banyaknya perselisihan, perpecahan, bullying dan kasus lainnya. Gejala ini membutuhkan perhatian yang cukup serius bagi banyak kalangan, terutama dunia pendidikan. Terkaitan hal tersebut, peneliti tertarik pada SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari salah satu lembaga pendidikan yang memperhatikan tentang pembangunan karakter siswa melalui habituasi (pembiasaan). Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun fakta di lapangan yang peneliti temukan adalah SMP Muhammadiyah Al Mujahidin menerapkan model fullday school dan boarding school, yang pernah meraih beberapa prestasi baik secara akademik maupun non akademik. Adapun didalam proses pembangunan karakter siswa di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin menerapkan sistem habituasi yakni dengan cara pengembangan kurikulum dan berbagai kegiatan yang terprogram, seperti :(1) program Golden Habits Islami,(2) Program Gerakan literasi sekolah, (3) Program Apresiasi Cipta Adi Karya, (4)Program Student Exchange 2018 (Malaysia dan Thailand) ,(5) Program Bina Prestasi Tahun ajaran 2017-2021 (one student one trophy) dan (6) program Sukses UN & USBN.
Kata kunci : pembangunan karakter, siswa dan habituasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.