ANALISIS KEBAHAGIAAN GURU DI SD MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN DARI ASPEK DUKUNGAN SOSIAL DAN SPIRITUALITAS)

Authors

  • Widi Mulatsih Qona’ah Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.805

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk-bentuk kebahagian guru, faktor-faktor pembentuk kebahagiaan guru, wujud dukungan sosial dan spiritual yang mempengaruhi kebahagian guru dan manfaat kebahagiaan yang dirasakan guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan model pendekatan kualitatif dengan teknik analisa Deskriptif Analitik Kualitatif untuk menerangkan fenomena kebahagiaan guru. Hasil dari penelitian ini adalah: yaitu: 1) Bentuk-bentuk kebahagiaan yang dirasakan oleh guru keberhasilan siswa dalam belajar, adanya hobi yang dimiliki guru, dan harapan guru akan meningkatnya tingkat kesejahteraan guru yang diimbangi dengan perjuangan dan usaha keras dalam bekerja; 2) Faktor-faktor pembentuk kebahagiaan guru yaitu interaksi yang baik dengan rekan guru; 3) Wujud dukungan sosial dan spiritualitas yang mempengaruhi kebahagiaan guru di SD Muhammadiyah kota Yogyakarta yaitu (a) dukungan sosial masih sangat dibutuhkan oleh guru. (b) Spiritualitas lebih tinggi ditemukan pada guru dengan usia lebih tua; 4) Guru menjadi lebih mudah bersyukur, guru lebih semangat dalam bekerja, dan guru lebih percaya diri; 5) Guru selalu berusaha untuk berbuat baik kepada Allah SWT.
Kata kunci: kebahagiaan, dukungan sosial, spiritualitas

Downloads

Published

2020-06-26

How to Cite

Qona’ah, W. M. (2020). ANALISIS KEBAHAGIAAN GURU DI SD MUHAMMADIYAH KOTA YOGYAKARTA (TINJAUAN DARI ASPEK DUKUNGAN SOSIAL DAN SPIRITUALITAS). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.805

Citation Check