PELATIHAN “REMAJA KUAT†DALAM PENANGANAN KORBAN CYBERBULLYING (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.808Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dampak negatif cyberbullying bagi para korban; (2) Mengetahui efektivitas program ketrampilan sosial dalam menangani korban; (3) Mengetahui perbedaan efektivitas pelaksanaan program pengembangan ketrampilan sosial “Remaja KUAT†didalam menangani korban cyberbullying antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan metode penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu, dengan desain true desain penelitian pre-test and post-test with control group design. Jumlah sampelnya 24 responden dengan teknik total sampling (12 intervensi dan 12 kontrol dengan random sampling). Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat efektivitas pelatihan “Remaja KUAT†dalam menangani korban cyberbullying SMA Negeri 9 Yogyakarta. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa Program “Remaja KUAT†secara signifikan dapat meningkatkan harga diri korban cyberbullying pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol (t=-3,174: p<0,004).
Kata Kunci: korban cyberbullying, ketrampilan sosial, harga diri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.