PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA, PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN INTENSITAS BERMAIN GAME ON LINE BERTEMA KEKERASAN TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA DI MTSN 8 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Wiwin Subriyani Rahayu

Abstract


Penelitian ini menguji empat hipotesis: pertama, ada pengaruh signifikan Keharmonisan Keluarga terhadap perilaku Agresif siswa, kedua, ada pengaruh signifikan Pergaulan Teman Sebaya terhadap perilaku agresif siswa, ketiga, ada pengaruh signifikan Intensitas bermain game online bertema kekerasan terhadap perilaku agresif siswa dan ke-empat, ada pengaruh signifikan dari Keharmonisan keluarga, Pergaulan teman Sebaya dan Intensitas bermain game online bertema kekerasan secara bersama-sama terhadap Perilaku agresif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs N 8 Sleman yang berjumlah 587 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 siswa. Teknik Pengumpulan Data dilakukan menggunakan Angket diperkaya dengan Dokumentasi, Wawancara dan Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Hasil pengujian hipotesis 1 menunjukkan nilai t hitung > t tabel (2,545>1,98) dan signifikansi (0,012<0,050). Hal ini berarti Semakin tinggi keharmonisan keluarga siswa, akan diikuti semakin rendahnya perilaku agresif siswa. Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan nilai t hitung > t table (2,836>1,98) dan signifikansi (0,005<0,050). Artinya semakin kondusif pergaulan teman sebaya dari siswa tersebut akan memiliki peluang untuk tidak berperilaku agresif. Hasil pengujian hipotesis 3 menunjukkan nilai t hitung > t tabel (3,683>1,98) dan signifikansi (0,010<0,050) berarti Intensitas bermain game Online bertema kekerasan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku agresif siswa sebesar 33,6%. Kata kunci : keharmonisan keluarga, pergaulan teman sebaya, perilaku agresif

Full Text:

##PDF##

Article Metrics

Abstract view : 12 times
##PDF## - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.