Potret Harga Diri Akademik Remaja Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.819Abstract
Harga diri akademik merupakan penilaian positif individu terhadap kemampuan diri sendiri yang mampu menghantarkan individu pada kesuksesan dan keberhasilan akademik di masa depan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan harga diri akademik remaja di Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan survey terhadap siswa SMP di Kota Malang. Populasi penelitian sebanyak 7138 siswa dan sampel sebanyak 315 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional stratified random sampling dan teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 57% memiliki harga diri akademik yang tinggi. Tingkat harga diri akademik yang tinggi pada siswa SMP di Kota Malang didorong oleh aspek memperoleh pengakuan dari orang lain atas prestasi yang dicapai.
Kata kunci: harga diri, remaja, malang, deskriptif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.