EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK SFBC DENGAN TEKNIK EXCEPTION DAN MIRACLE QUESTION UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL PADA SISWA PELAKU TAWURAN DI SMK NASIONAL CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.830Abstract
Tujuan penelitian ini (1) Untuk menganalisis tingkat keefektifan konseling kelompok SFBC
dengan teknik exception dalam meningkatkan self control pada siswa pelaku tawuran di SMK
Nasional Cirebon. (2) Untuk menganalisis tingkat keefektifan konseling kelompok SFBC
dengan teknik miracle question dalam meningkatkan self control pada siswa pelaku tawuran di
SMK Nasional Cirebon. (3) Untuk menganalisis tingkat keefektifan konseling kelompok SFBC
dengan menggabungkan teknik exception dan teknik miracle question dalam meningkatkan self
control pada siswa pelaku tawuran di SMK Nasional Cirebon. Metode penelitian menggunakan
metode true eksperimental dengan desain pretes-post control group. Teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif, dan statistik inferensial dengan uji beda rata-rata. Hasil
penelitian ini (1) Terdapat keefektifan konseling kelompok SFBC dengan teknik exception
terhadap peningkatkan self-control pada kelompok A pada hasil uji hipotesis dengan analisis
paired sample test. (2) Terdapat keefektifan konseling kelompok SFBC dengan teknik miracle
question terhadap peningkatan self-control pada kelompok B, pada hasil uji hipotesis dengan
analisis uji Wilcoxon. (3) Terdapat keefektifan konseling kelompok SFBC dengan gabungan
teknik exception dan teknik miracle question terhadap peningkatan self-control pada kelompok
C pada hasil uji hipotesis dengan analisis paired sample test.
Kata kunci: konseling kelompok, sfbc, exception, miracle question, self control
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.